F Bus Retro Abis gan... - Devrysegee

Bus Retro Abis gan...






INAPA 

JIExpo, Jakarta International Expo – Pekan Raya Jakarta (PRJ) – Kemayoran menjadi ajang yang ditunggu -tunggu untuk pecinta bus, karena ada pameran bus yang bertemakan bus klasik. untuk yang suka bus-bus klasik, tentu ini akan menjadi momen keren,. karena dapat mengingatkan kembali bus-bus lawas yang sering berlalu lalang maupun berjaya di Indonesia. 

Masuk ruang pameran, kita akan disuguhkan dengan bus bertema klasik, dan sejarah bus Indonesia. bodi - bodi tangguh, pada zamannya. lengkap dengan stand bus klasik, berisi buku, poster bus klasik, dan narasumber yang rela untuk berbagi informasi bus klasik, tentu ini akan menambah informasi dan pengetahuan tentang dunia bus di Indonesia. 



dipameran ini terdapat 5 bus klasik, dengan periode yang berbeda-beda. dengan ditambahkannya 1 unitk truk lawas Chevrolet yang makin menambah passion kendaraan besar yang klasik. 



Diantara bus bus klasik ada yang memikat perhatian saya, yaitu truck Chevrolet, yang bentuknya memang klasik dan retro abis.. Chevrolet bertype AA Capitol, Truck ini pabrikan Amerika pada tahun 1927. dengan platform dari general motor. truk klasik ini masih sangat terawat dengan rangka yang kokoh, dan perpaduan warna vernacular yang menyatu dengan bodi, termasuk bak yang terbuat dari kayu. 


Selain itu ada juga bus pabrikan dari karoseri yang berlokasi di Cibinong bogor. Rahayu Santosa. bus yang menjadi sejarah di kejayaan PO Lorena, kini masih terlihat mulus, bus yang memiliki nomor lambung 001 ini adalah bus pertama Lorena Tahun 1973, bus ini menggunakan sassis/ mesin Mercedes-Benz OF-1113.


Selain Lorena masih ada yang klasik lagi. Bus Mitsubishi Sumber Alam ini masih terlihat Kokoh dan kesan klasiknya sangat kuat. dengan tipe Mitsubishi MR 470. bus tahun 1963 ini mempunyai bodi yang tebal, dengan ciri khas plat tembak. yang sangat terlihat bertotol-totol di sekitar bodi, sisi unik juga bus ini memiliki pengait depan belakang seperti halnya untuk emergency jadi efesien bisa menarik kendaraan lain ataupun ditarik. 



Bus PPD, siapa sih yang gak kenal dengan bus klasik ini ? pasti ada yang pernah merasakan sensasi bus klasik ini di Ibu Kota. dan kini dipamerkan kembali untuk mengingatkan kita, untuk nostalgia, apalagi masyarakat Ibu Kota. dengan bentuknya yang klasik dan Kotak Abis. hahaha.. habislah kejaayaannya bus legendaris ini menjadi bus storing PPD atau yang biasa disebut bus untuk bantuan teknis. bus berbodi Superior Coach tahun 1971 ini sekilas mirip roti tawar, dengan bagian samping yang berteksture gelombang akan mengingaktan bus lawas di Amerika. bus PPD ini mengalami restorasi untuk didatangkan ke pameran ini, terlebih bila dilihat bagian lampu dan sidelamp yang kekinian. hemm.. 


Dikenal sebagai bus operasional DPR pada tahun 1990, bus klasik yang diproduksi GMM, ini memang terlihat elegant, dan simple. bus dengan mesin mercedes Benz O306 ini atau biasanya dengan julukan banteng, memiliki interior dengan seat sofa, layaknya dirumah. 

Adapun sekarang banyaknya bus kekinian yang masih berlalu lalang di jalan raya, setidaknya dengan pameran ini kita tidak akan lupa daratan, akan perkembangan bus-bus di Indonesia yang sangat membantu masyarakat Indonesia.


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment